Jumat, 15 Desember 2017

Rayakan Natal di LP Tanjung Gusta Medan, KAJI Unit DPRD Sumut Beri 100 Narapidana Paket Natal

Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut merayakan Natal bersama Narapidana (warga binaan) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas I Tanjung Gusta Medan, Senin (11/12/2017) pukul 13.00 WIB di Aula LP Tanjung Gusta. Dalam kesempatan tersebut, KAJI Unit DPRD Sumut memberikan paket Natal kepada 100 Narapidana berupa odol gigi, sabun mandi, sikat gigi, mie instan dan roti.

Pantauan www.MartabeSumut.com, tampak hadir Kepala LP Tanjung Gusta Asep Syarifudin diwakili Kabid Pembinaan TA Barus, Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut/Pembina KAJI Unit DPRD Sumut H Syamsul Qodri Marpaung, Lc, Penasehat KAJI Unit DPRD Sumut Latarefilia Hia, SE, Pendeta Parlin Panjaitan, Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos/jajaran pengurus serta ratusan Narapidana.

Kegiatan diawali upacara organisasi menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Dilanjutkan laporan Panitia Natal oleh Sozato Gea (Yanto). Selanjutnya pesan/kesan dari Narapidana disampaikan Lambok Simangunsong. "Kami bangga dan terhormat atas acara ini. Baru wartawan KAJI Unit DPRD Sumut saja yang peduli pada kami. Hanya Tuhan yang bisa membalas dan melipatgandakan kebaikan para wartawan KAJI DPRD Sumut. Kami ucapkan selamat Natal," ucap Lambok terharu. Sementara TA Barus mengatakan, sekarang ada 380 warga binaan beragama Kristen yang menghuni LP dewasa Tanjung Gusta Medan. Selaku Kabid Pembinaan, Barus meminta maaf sebab Kepala LP tidak bisa datang. "Ada kesibukan lain Pak Kepala karena tanggal 18 Desember Menkum HAM akan berkunjung," terangnya. Menurut Barus, Aksi Sosial Natal KAJI Unit DPRD Sumut sangat membanggakan dan pertama kali dilakukan wartawan di LP Tanjung Gusta. "Bahkan banyak warga binaan kami yang tidak pernah dikunjungi keluarganya. Salut buat kepedulian KAJI DPRD Sumut," ungkap Barus, sembari menambahkan, Kepala LP mengapresiasi kegiatan KAJI Unit DPRD Sumut dan berharap bisa diteruskan kedepan.

Syamsul Qodri Bersyukur

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut yang juga Pembina KAJI Unit DPRD Sumut, H Syamsul Qodri Marpaung, Lc, menyatakan bersyukur kepada Tuhan lantaran dapat berkumpul dengan Narapidana. "Terimakasih kepada pengurus KAJI Unit DPRD Sumut dan LP Tanjung Gusta yang membuat acara Aksi Sosial ini. Kami dari DPRD Sumut dan  Pembina KAJI menyambut baik kegiatan Natal bersama Narapidana. Kita berdoa supaya saudara kami Kristiani dapat merayakan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan penuh sukacita," ujar Syamsul Qodri, seraya mengingatkan, bila kelak para Napi selesai menjalani hukuman, diyakini akan menjelma jadi insan-insan yang lebih baik lagi. Politisi PKS itu pun mengimbau para Napi bersabar, tabah dan kuat menjalani kehidupan di LP. "Kalian masih bisa kok mencatat dan mengukir sejarah hidup setelah melalui masa-masa sulit," tegas Syamsul Qodri. Sedangkan Ketua KAJI Unit DPRD Sumut Budiman Pardede, S.Sos, mengucapkan terimakasih kepada Kepala LP Tanjung Gusta Asep Syarifudin atas kesediaan memberi tempat pelaksanaan Natal. Budiman Pardede juga menyatakan hormat atas dukungan moril/materil dari beberapa Pembina/Penasehat KAJI Unit DPRD Sumut, anggota DPRD Sumut serta berbagai pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu. "Kami mempersiapkan acara ini cuma 1 minggu. Kami tidak punya uang tapi niat baik untuk membantu sesama. Terimakasih bapak/ibu dermawan dimana pun berada. Semoga Tuhan membalas budi baik yang telah diberikan kepada para Narapidana," cetusnya. Dia juga memastikan Natal KAJI Unit DPRD Sumut bersama Narapidana LP Tanjung Gusta merupakan program organisasi dari sisi sosial. Target utama kegiatan hanya ingin berbuat, berkarya dan melakukan aksi sosial terhadap umat manusia yang kesepian ditengah-tengah keramaian. "Motto KAJI Unit DPRD Sumut berkarya dan beretika. Motto itulah pegangan kami sehingga pada tanggal 18 Juni 2017 kami juga melakukan aksi sosial Idul Fitri 1438 H. Sasaran kami 106 anak yatim piatu di Panti Asuhan Alwasliyah Jalan Pinang Baris Medan Sunggal," singkap Budiman Pardede. Usai penyampaian sambutan, sebanyak 5 Narapidana diberikan Paket Natal secara simbolis oleh TA Barus, H Syamsul Qodri Marpaung, Lc, Latarefilia Hia, SE, Pendeta Parlin Panjaitan dan Budiman Pardede, S.Sos.

Ibadah Natal

Masih berdasarkan pengamatan www.MartabeSumut.com, sekira pukul 14.00 WIB ibadah Natal dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu rohani dan pembacaan nats Alkitab. Pendeta Parlin Panjaitan memberi siraman rohani dari nats Alkitab 1 Yoh 4:7-8. Menurut Parlin Panjaitan, kasih Tuhan harus dicerminkan umat manusia melalui sikap sadar, sabar dan tegar (SST). "Bersama Yesus, seorang Napi bisa jadi Nabi asal mau SST," yakinnya. Parlin pun mengutip nats Alkitab 1 Kor 13:4-7 yang berisi pesan tentang kasih terhadap sesama manusia. "Kasih itu sabar, murah hati, tidak cemburu, setia dan tidak sombong. Kemudian tidak pemarah dan tidak bersukacita karena ketidakadilan. Mari kita wujudkan makna Natal 2017 dengan sikap saling mengasihi antar-sesama tanpa dibatasi suku, agama dan apapun. Yang dilakukan KAJI Unit DPRD Sumut benar-benar membanggakan. Semoga Tuhan memberkati KAJI Unit DPRD Sumut," tutup Parlin. Kegiatan Natal KAJI Unit DPRD Sumut berakhir pukul 16.00 WIB dengan acara hiburan dan makan bersama ratusan Narapidana. Seluruh Narapidana yang hadir terlihat senang dan bahagia bercampur rasa haru. (MS/RED)

(Laman asli http://www.martabesumut.com/berita-7285-rayakan-natal-di-lp-tanjung-gusta-medan-kaji-unit-dprd-sumut-beri-100-narapidana-paket-natal.html)

0 komentar:

Posting Komentar